Jumat, 17 Mei 2013

Peralatan voly

Sarana dalam Permainan Bola Voli

Bola Voli
Fasilitas & Peralatan Permainan Bola Voli (Sarana)
Fasilitas dan peralatan permainan bola voli terdiri dari beberapa alat, yaitu :
 Lapangan permainan
 Net ( jaring ) & Tiang net
 Rod antena
 Bola
Lapangan Bola Voli
Lapangan bola voli :
1. Ukuran lapangan bola voli
2. Permukaan lapangan bola voli
3. Garis-garis lapangan
4. Daerah dan Area
1. Ukuran lapangan bola Voli
~ Yang kita ketahui lapangan bola voli berukuran sebagai berikut :
 Panjang Lapangan : 18 m
 Lebar Lapangan : 9 m
 Garis Serang : 3 m dari net
~ Tapi ukuran dan area lapangan sebenarnya tidak hanya seperti itu, melainkan Lapangan permainan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 18 x 9 m, dikelilingi oleh daerah bebas dengan minimal di semua sisi 3 m. Daerah bebas permainan harus memiliki ketinggian minimal 7 m dari permukaan lapangan.
Untuk kejuaraan dunia dan pertandingan resmi FIBV, daerah bebas harus berukuran minimal 5 m dari garis samping dan 8 m dari garis akhir. Daerah bebas permainan harus memiliki ketinggian minimal 12,5 m dari permukaan lapangan.
2. Permukaan Lapangan Permainan
Permukaan harus datar, horizontal, dan seragam. Tidak boleh menimbulkan bahaya cidera bagi pemain. Tidak diperkenankan bermain di permukaan lapangan yang tidak rata dan licin. Untuk kejuaraan dunia dan pertandingan resmi FIBV, hanya diperkenankan permukaan lapangan yang terbuat dari kayu atau bahan sintesis. Jenis permukaan lapangan yang lain harus mendapat pengesahaan dari FIBV. Untuk lapangan indoor permukaan lapangan berwarna terang. Sedangkan lapangan outdoor diperkenankan kemiringan 5 mm per meter untuk keperluan drainase. Untuk kejuaraan dunia dan pertandingan resmi FIBV, untuk garis yang digunakan warna putih. Warna-warna lain, yang berbeda digunakan untuk lapangan permainan dan daerah bebas.
3. Garis-garis Lapangan
Semua garis lebarnya 5 cm. Garis-garis tersebut harus berwarna terang dan berwarna lain dari lantai dan garis-garis lainnya. Lapangan permainan ditandai dengan dua garis samping dan dua garis akhir. Pada setiap lapangan, daera serang (depan) ditandai oleh garis serang, yang dibuat dengan jarak 3 m ke arah belakang dari poros garis tengah. Untuk kejuaraan dunia dan pertandingan resmi FIBv, garis serang ditambah dengan garis putus-putus dari garis sampping denga total panjang 1,75 m, yang terdiri garis-garis pendek 15 cm, lebar garis 5 cm dan dibuat dengan jarak 20 cm setiap garis.
4. Daerah dan Area
Ada beberapa daerah dan area lapangan bola voli antara lain :
1. Daerah depan (serang) dalam setiap lapangan dibatasi poros garis tengah dan ke belakang sampai garis serang.
2. Daerah servis adalah daerah selebar 9 m di belakang setiap garis akhir. Daerah ini dibatasi oleh dua garis pendek sepanjang 15 cm yang dibuat 20 cm di belakang garis akhir, sebagai kepanjangan dari garis samping. Perpanjangan daerah servis adalah ke belakang sampai batas akhir daerah bebas.
3. Daerah pergantian : dibatasi oleh perpanjangan dari ke dua garis serang hingga ke meja pencatat (skorer).
4. Daerah pemanasan : untuk kejuaraan dunia dan pertandingan resmi FIBV, berukuran 3 x 3 m, tempatnya adalah di kedua pojok bangku cadangan, luar daerah bebas.
5. Daerah penalti : berukuran 1 x 1 m dan dilengkapi dengan dua bangku yang terletak di daerah kontrol, yaitu daerah di luar perpanjangan garis akhir. Daerah ini dibatasi oleh garis merah selebar 5 cm.
Net (Jaring) & Tiang Net
1. Tinggi net dipasang tegak lurus di atas garis tengah, dengan ketinggian 2,43 m untuk putra dan 2,24 m untuk putri. Ketinggian net harus tepat sama tinggi dan tidak boleh lebih tinggi dari 2 cm.
2. Lebar net 1 m dan panjang 9,50 – 10 m (dengan pita samping 25 – 50 cm di setiap sisi), terbuat dari jalinan mata jala hitam 10 cm, berbentuk persegi. Pada puncak net terdapat garis horizontal selebar 7 cm, terbuat dari 2 lapis kain kanvas putih yang terpasang memanjang sepanjang net. Pada bagian bawah net terdapat pita horizontal selebar 5 cm, mirip dengan pita bagian atas yang juga dilalui tali. Tali itu untuk mengencangkan net ke tiang-tiang dan menjaga bagian bawah net tetap tegang.
3. Dua pita putih dipasang tegak lurus pada net dan dipasang pada setiap sisi net. Lebar pita putih 5 cm dan panjang 1 m. Pita putih tersebut bagian dari net.
4. Tiang diletakkan dengan jarak 0,50 – 1,00 m diluar garis samping. Tinggi 2,55 m dan sebaiknya dapat diatur naik turunnya, tiang harus bulat dan licin.
Untuk kejuaraan dunia dan pertandingan resmi FIBV, tiang-tiang ditempatkan pada jarak 1 m di luar garis samping.
Rod Antena
Antena adalah tongkat yang lentur dan bagian dari net sebagai batas samping dari daerah penyeberangan bola, panjang 1,80 m dan bergaris tengah 10 mm, terbuat dari fiberglass atau bahan sejenis. Antena dipasang pada bagian luar dari setiap pita samping. Tinggi antena di atas net adalah 80 cm dan diberi garis yang berwarna kontras sepanjang 10 cm. Lebih baik berwarna merah dan putih.
Bola Voli
Bola voli harus berbentuk bola (bulat), terbuat dari kulit atau kulit sintetik, memiliki lingkar 65-67 cm, berat 260-280 g dan dengan tekanan dalam 0,30-0,325 kg /cm. Kemudian bola ini diisi dengan udara (dipompa). Jumlah jalur yaitu 12 dan 18 jalur. Persyaratan bola yang standar ini sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan oleh FIVB (Fédération Internationale de Volleyball), sebuah Federasi Bola Voli Internasional yang menangani hal-hal yang berhubungan dengan olahraga permainan bola voli.
Berikut ini adalah peraturan yang dikeluarkan oleh FIVB mengenai penggunaan bola standar dalam permainan bola voli:
• Bola tersebut memiliki keliling lingkaran 65-67 cm, dengan berat 260-280 gram.
• Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 – 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar